Desember 19, 2013

Petaka Miskomunikasi


Liburan itu momen yang paling ditunggu oleh setiap generasi. Anak-anak, remaja, dewasa, dan tua, semuanya tersenyum lebar saat mengiyakan ajakan berlibur. Namun untuk melaksanakan yang namanya liburan tak semudah membalik telapak tangan.
Mulai dari lokasi liburan, transportasi, akomodasi, kesehatan, dan tentunya Uang. Tapi kali ini yang akan dibahas bukan bagian dari hal-hal penting tadi. Saat pergi berlibur tentunya ada yang kita tinggalkan. keluarga, pacar, rekan kerja, teman, pembantu, dll. Nah, supaya tetep bisa mengurus segala hal dan saling memberi kabar saat berlibur, komunikasi yang efektif sangat diperlukan.
Alat komunikasi saat ini menjadi hal yang mudah dicari. Kita semua punya yang namanya handphone, tapi yang namanya komunikasi efektif itu belum tentu gampanng dilakukan. Komunikasi yang dibilang efektif itu komunikasi yang membuat mudeng semua pihak yang berkomunikasi. Apabila masih ada yang merasa tersinggung dan salah paham itu berarti komunikasi yang dilakukan salah. Gak banget kan, liburan yang harusnya menyenangkan dirusak oleh yang namanya miskomusikasi?
Untuk dapat melakukan komunikasi efektif diperlukan yang namanya pemahaman berbahasa. Nah, inilah pentingnya pelajaran bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia diajarkan di sekolah tidak hanya sebagai pelajaran yang dapat disepelekan dan wahana untuk refrashing setelah belajar matematika, fisika, kimia, biologi, dll. So, mari belajar berbahasa dengan baik untuk saling berkomunikasi efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar